Sidang Lanjutan Perkara Suap Akil Mochtar

0
Ilustrasi
- Advertisement -Otohits.net, fast and efficient autosurf

WartaMaya.Id, Jakarta – Sidang lanjutan perkara dugaan suap Bupati Buton non aktif, Samsu Umar Abdul Samiun terhadap mantan Ketua Mahkamah Konstitusi, Akil Mochtar memasuki agenda pemeriksaan terdakwa dalam hal ini Umar Samiun, Rabu (23/8/2017), kemarim di Pengadilan Tipikor Jakarta Pusat.

Dalam persidangan tersebut, Umar Samiun membeberkan tentang proses Pilkada Buton hingga proses Pemungutan Suara Ulang (PSU). Dijelaskan, pada Pilkada Buton tahun 2011 peserta Pilkada sebanyak Sembilan pasang calon, diantaranya empat dari partai politik dan lima dari pasangan calon independen.

“Saya dari koalisi tiga parpol, yakni PAN, PPRN dan PDK. Pemilihan tanggal 4 Agustus dan saat itu pasangan Agus Feisal Hidayat-Yaudu Salam Ajo keluar sebagai pemenang,” jelas Umar Samiun menjawab pertanyaan Ketua Majelis Hakim Ibnu Basuki Widodo.

- Advertisement -
loading...

Tak terima dengan hasil tersebut karena dianggap banyak kecurangan yang dilakukan pasangan Agus Feisal Hidayat-Yaudu Salam Ajo akhirnya pasangan Umar Samiun-La Bakry beserta dua pasangan calon lainnya mengajukan gugatan di MK.

“Tapi yang diterima gugatannya hanya dua pasang calon, saya sendiri dan pasangan Uku-Dani. Dalam gugatan tersebut lebih khusus mempersoalkan tentang keberpihakan KPUD terhadap pasangan Agus Feisal juga masifnya kepala dinas, ketua DPRD, Sekda yang secara keseluruhan hampir merupakan keluarga dari Agus Feisal,” lanjutnya.

Atas dasar gugatan tersebut, hasilnya MK mengabulkan sebagian dari permohonan pasangan dengan jargon Oemar-Bakry dan Uku-Dani. Sehingga pada putusan tersebut membatalkan hasil Pilkada Buton tahun 2011, memerintahkan untuk melakukan verfikasi terhadap seluruh pasangan calon serta melakukan PSU diseluruh TPS.

Dalam proses tersebut, KPUD Buton memang melaksanakan putusan MK, namun kembali terjadi pelanggaran. Komisioner KPUD Buton yang diketuai La Biru, cs terbukti melakukan pelanggaran sehingga mengakibatkan kerugian Negara.

Baca Juga :  Satkat Koarmabar Beri Penyuluhan Bela Negara Kepada Pelajar Di Tanjung Uban

“Kemudian seluruh komisioner KPUD Buton dipecat dan diganti dengan komisioner KPUD yang baru. Hasil PSU saya menang. Mengingat pelaksanaan PSU tersebut dipantau oleh seluruh elemen maka semua pasangan calon diperintahkan untuk membuat laporan hasil akhir PSU,” tambahnya…[Selanjutnya]

- Advertisement -