Jelang Latihan Multilateral, TNI-AL Selenggarakan Mid Planning Conference

0
Pembukaan kegiatan Mid Planning Conference (MPC), di hotel Discovery, Ancol, Selasa pagi (07/11/2017). MPC kali ini diselenggarakan sebagai persiapan jelang perhelatan Multilateral Naval Exercise Komodo, di Lombok Utara,Mei 2018 mendatang. Foto: Ronald
- Advertisement -Best Domain & Hosting!

WartaMaya.Id, Jakarta- Jelang perhelatan Multilateral Naval Exercise Komodo (MNE Komodo) ke-3  yang akan diadakan pada bulan Mei 2018 mendatang, pada Selasa pagi (07/11/2017), TNI Angkatan Laut menyelenggarakan Mid Planning Conference (MPC), yang diadakan di hotel Discovery, Ancol, Jakarta Utara.

Dari keterangan yang dihimpun WartaMaya.Id, kegiatan MPC akan dilaksanakan selama tiga hari yakni sejak 6 hingga 8 November 2017. MPC diselenggarakan guna membahas sejumlah perencanaan latihan untuk MNE Komodo 2018 dan diikuti oleh 27 perwakilan Angkatan Laut dari Negara sahabat.

Pembukaan MPC 2017 ditandai dengan pemukulan gong oleh Panglima Komando Armada RI Kawasan Timur (Pangarmatim), Laksamana Muda TNI Darwanto SH., M.A.P. Saat sesi tanya-jawab dengan awak  media, Pangarmatim dengan didampingi oleh prajurit Angkatan Laut lintas Negara menguraikan bahwa kegiatan Komodo Exercise ke-3 tahun 2018 akan lebih menekankan kepada isu kemanusiaan serta mempersiapkan prajurit TNI-AL bersama dengan prajurit Angkatan Laut dari Negara sahabat dalam merespon misi non tempur, seperti bencana alam, bakti kesehatan dan penganggulangan human trafficking.

Panglima Komando Armada RI Kawasan Timur, Laksamana Muda TNI Darwanto SH., M.A.P (kedua dari kanan), saat sesi tanya-jawab dengan awak media di sela pembukaan kegiatan Mid Planning Conference, di hotel Discovery, Ancol, Jakarta Utara, Selasa pagi (07/11/2017). Foto: Ronald
- Advertisement -
loading...

“Untuk pelaksanaan Komodo Exercise yang ketiga, ini, kita mengambil tema bahwa kerjasama untuk merespon bencana alam dan masalah kemanusiaan,” ujar Pangarmatim di lokasi MPC.

Dalam siaran pers yang dirilis oleh Dinas Penerangan TNI-AL, turut dijelaskan bahwa meski TNI-AL dan Angkatan Laut dari Negara-negara peserta memiliki sejarah yang berbeda, namun melalui MNE Komodo ke-3 setiap Negara partisipan akan bekerjasama dalam skenario latihan mulai dari misi bantuan kemanusiaan seperti Medical Civic Action Project (MEDCAP), Engineering Civic Action Project (ENCAP), Fleet Infection, Community Activity, Logistic, Aviation and Security.

Latihan MNE Komodo 2018 sendiri mengangkat tema “Cooperation to Respond to Disaster and Humanitarian Issues”. Angkatan Laut dari 42 Negara sahabat akan dlibatkan dalam kegiatan ini, serta mengikutsertakan 50 kapal perang dan 5.500 prajurit. Pada event internasional ini,  TNI-AL memercayakan Komandan Gugus Tempur Laut Koarmatim, Laksamana Pertama TNI Rahcmat Jayadi M. Tr  (Han), sebagai Komandan Satuan Tugas Latihan MNE Komodo 2018.

Multilateral Naval Exercise Komodo merupakan ajang dua tahunan yang pertama kali diselenggarakan di Batam, pada tahun 2014. Kegiatan ini kembali dihelat untuk kedua kalinya di Padang, di tahun 2016. Pada penyelenggaraan yang ketiga, Lombok Utara ditunjuk sebagai lokasi  perhelatan MNE Komodo 2018.

- Advertisement -