Pabrik Miras Oplosan Digeledah Polisi, Empat Orang Jadi Tersangka

0
Kapolres Metro Jakarta Utara, Kombes Pol Dwiyono, sebelah kiri. Foto : Ryan Suryadi
- Advertisement -Best Domain & Hosting!

WartaMaya.Id, Jakarta – Aparat kepolisian dari Polres Jakarta Utara berhasil mengungkap pembuat minuman anggur palsu di kawasan Tanah Merah, Koja, Jakarta Utara pada Jumat (13/10/2017).

Kapolres Metro Jakarta Utara, Kombes Pol Dwiyono mengatakan, anggur tersebut bermerk gingseng cap kuda emas dan anggur orang tua yang diproduksi di pergudangan tersebut.

“Para tersangka membuatnya dengan menggunakan bahan arak, sitrun, penyengat aroma, alkohol, gula merah dan gula pasir. Dibuat dengan dicampur air keran dan dijual dipasaran,” ujar Dwiyono, di lokasi.

- Advertisement -
loading...

Dwiyono mengungkapkan saat ini pihaknya telah mengamankan keempat tersangka yang di duga sebagai pembuat dari minuman keras oplosan ini. Keempat tersebut yakni, Baim (86), L Tamba (39), Kristo (31), Silaban (38).

“Dimana para tersangka dalam satu hari bisa membuat kurang lebih 30-50 karton, dan satu karton untuk Rp 60ribu – Rp80ribu. Satu karton berisi 12 botol atau satu lusin,” ungkap Dwiyono.

Atas perbuatannya, lanjutnya keempat tersangka dijerat Pasal 140 UU RI No 18 tahun 2012 tentang Pangan. Alasannya, lantaran telah memproduksi minuman yang tidak sesuai standar kesehatan hingga memalsukan merk dagang.

“Mereka terancam hukuman maksimal dua tahun kurungan penjara atau denda sebesar Rp 4 Miliar,” tambahnya.

- Advertisement -