Sosialisasikan Bijak Bersosmed, Menkominfo Gandeng PGI

0
(Kiri-Kanan): Bendahara Umum PGI Ivan Rinaldi, Sekum PGI Pdt. Gomar Gultom, Menkominfo dan Ketua PGI Pdt. Bambang Wijaya di Grha Oikumene, Rabu (11/10/2017). Foto: Istimewa
- Advertisement -Best Domain & Hosting!

WartaMaya.Id, Jakarta- Menteri Komunikasi dan Informasi (Menkominfo) Republik Indonesia, Rudiantara S.Stat. MBA, pada Rabu pagi (11/10/2017) menyambangi kantor Persekutuan Gereja-gereja di Indonesia (PGI), di Grha Oikumene, Salemba, Jakarta Pusat. Kedatangan Rudiantara disambut oleh sejumlah Pengurus Majelis Pekerja Harian dan staf PGI. Dalam pertemuan itu Menkominfo mengajak PGI selaku lembaga aras gereja untuk bersama-sama memperlengkapi umat agar memiliki kesadaran dan kewaspadaan media digital yang kehadirannya telah mengubah masyarakat secara menyeluruh.

“Kehadiran medsos (antara lain FB atau WA), awalnya adalah untuk mempertemukan yang terpisah dalam rangka merekatkan komunitas. Namun kini justru marak penipuan, berita bohong (hoax) dan provokasi melalui medsos,” kata Rudiantara ketika mengawali percakapan dengan pimpinan dan staf PGI seperti dikutip dari keterangan resmi Sekretaris Umum PGI (Sekum PGI), Pdt. Gomar Gultom, yang dikirimkan kepada WartaMaya.Id, Rabu sore (11/10/2017).

Kunjungan Rudiantara itu turut diapresiasi oleh Pdt. Gomar Gultom. Menurut Pdt. Gomar, ajakan Menkominfo untuk bijak dalam bermedsos sangat bernada positif.

- Advertisement -
loading...

“Pertama, saya sangat mengapresiasi kunjungan Pak Menteri, apalagi ajakannya kepada para pimpinan agama untuk bersama-sama bergandengan tangan dalam memperlengkapi umat agar memiliki kesadaran dan kewaspadaan bermedsos ini,” ujar Pdt. Gomar Gultom di pesan tertulisnya.

Lebih lanjut Sekum PGI juga menyampaikan pandangan teologis terkait langkah bijak dalam bermedsos. Menurutnya, Alkitab sendiri telah mengajarkan nilai-nilai bijak khususnya jika dikaitkan dengan pengujian terhadap kebenaran suatu informasi.

Terkait maksud dari pertemuan itu Direktur Yakoma PGI, Irma Simanjuntak, mengungkapkan bahwa PGI melalui Yakoma telah mensosialisasikan perlunya kewaspadaan dalam bersosial media. Sosialisasi itu dilakukan seraya mengajak gereja-gereja untuk memedomani prinsip-prinsip komunikasi sebagaimana dirumuskan oleh WACC (World Alliance Christian Communication).

Baca Juga :  Ini Kata Pdt. Nus Reimas Tentang Berita Kabar Baik

Kedatangan Menkominfo ke Grha Oikumene turut didampingi oleh Direktur Jenderal Informasi dan Komunikasi Publik, R Niken Widiastuti.  Dalam pertemuan itu pihak Kemenkominfo juga mengajak PGI untuk menjalin sebuah kerjasama konkret. Selain Sekum PGI, pertemuan itu turut dihadiri oleh Ketua PGI Pdt. Bambang Wijaya dan Bendahara Umum PGI Ivan Rinaldi Luntungan.

- Advertisement -