Metode Perkuliahan Di Penn State Law

0
Kegiatan di Penn State Law. Foto: akun FB Penn State Law
- Advertisement -Best Domain & Hosting!

WartaMaya.Id, Jakarta- Tidak semua orang berkesempatan untuk berkuliah di luar negeri. Selain terkait pembiayaan, penyesuaian terhadap lingkungan pun terbilang tidak mudah. Hal itu bukan sebuah kendala berarti jika niat dan semangat umtuk mengapai cita-cita sudah terpatri di dalam diri, demikian seperti yang diceritakan seorang mahasiswi yang mengambil program magister hukum di Universitas Negeri Pennsylvania (Penn State Law), Amerika Serikat. Ia adalah Nurindah Melati Monika Romanti Simbolon yang berbagi pengalamannya berkuliah di Penn State Law kepada WartaMaya lewat surel yang diterima redaksi pada Sabtu malam (07/10/2017).

Monika mengaku mendapatkan metode pengajaran yang berbeda dengan Universitas di Indonesia. Di Penn State Law, setiap kelasnya ada kamera yang merekam proses perkuliahan, hasil rekaman itu dapat diakses melalui laman website kampus dengan menggunakan akun mahasiswa. Hal itu diakui Monika dapat membantu mahasiswa mengulang lagi apa yang diajarkan Profesor di dalam kelas.

“Profesor di Penn State Law menganggap mahasiswa setara dengan mereka, tidak ada jarak antara Profesor dengan mahasiswanya. Selain itu, mereka akan membagi pengalaman mereka kepada kami, namun mereka juga menginginkan pendapat dan mendiskusikannya kepada kami,” tulis Monika kepada WartaMaya.

- Advertisement -
loading...

Ditambahkan Monika, sebelum perkuliahan dimulai biasanya profesor sudah memberikan tugas untuk membaca materi yang relevan dari buku yang sudah ditetapkan, sehingga para mahasiswa dapat mempersiapkan diri dan berpartisipasi di dalam diskusi kelas yang akan mengarah pada penjelasan tentang prinsip hukum. Di Penn State Law disediakan banyak konferensi yang diberikan oleh para profesional dan profesor terkemuka dari seluruh dunia mengenai berbagai topik.

“Perpustakaan di Penn State Law buka 24 jam, saya pernah pulang jam 11.30 malam karena belajar di perpustakaan, teman saya malah ada yang pernah nginap pada saat lagi ujian. Oleh karena itu Penn State Law memberikan fasilitas yang lengkap dan nyaman di perpustakaan. Ada sofa ada beberapa ruang khusus untuk studi grup ada ruang membaca dan ada fasilitas scanner dan printer dan  buku-buku di Perpustakaan Penn State Law sangat banyak dan lengkap,” jelas Monika.

Mahasiwa di Penn State Law sangat beragam dari beberapa negara, sehingga mereka dapat berdiskusi mengenai hukum di negaranya masing-masing. Hal itu menurut Monika menjadi pengalaman dan ilmu yang baru untuk mengetahui sistem hukum di beberapa negara.

Keuntungan dapat melanjutkan studi di Penn State Law kata Monika, ialah Penn State Law mempunyai profesor yang handal dan profesional di bidangnya. Para pengajar merupakan praktisi hukum di Amerika Serikat, kata Monika. Banyak sekali ilmu dan pengalaman yang didapat dari para pengajarnya, selain itu para mahasiswa dapat membangun koneksi dengan mahasiswa yang berasal dari pelbagai negara serta banyak kegiatan kampus yang ditawarkan guna menunjang kebutuhan mahasiswanya.

- Advertisement -