HKBP Depok 1 Selenggarakan Pesta Panen

0
HKBP Depok 1 Selenggarakan Pesta Panen
- Advertisement -Best Domain & Hosting!

Wartamaya.ID – Depok, Gotilon dalam bahasa batak berarti panen. Kata kerja “manggotil” artinya memetik. Istilah ini muncul dari dunia pertanian, ketika hasil padi telah menguning, maka panen dilakukan dengan “manggotil” (memetik hasil). Dalam hal gotilon lebih tepat pada kata “memetik”, menggunakan tangan dan jari tangan sendiri memetik langsung hasil dari pertanian yang dikerjakan.

Pesta Gotilon atau pesta panen adalah bentuk ucapan syukur berkat dari Tuhan diberikan kepada kita melalui pertanian, perternakan dan segala yang diusahakan.

Pdt. Nekson Simanjuntak sebagai pendeta ressort HKBP Depok 1 mengatakan, Hasil panen tersebut dikumpulkan oleh jemaat lalu diserahkan kegereja dengan istilah ‘Patumonaan Na Niula’ ialah Buah pertama atau hasil pertama dari panen.

- Advertisement -
loading...

Di zaman era modern saat ini pesta gotilon/pesta panen sudah dikembangan melalui “pemberian persembahan syukur yang mengacu kepada kesaksian dan pembuktian atas iman dan ketaatan kita kepada Tuhan.” tambah Pdt. ARIT Tambunan sebagai pendeta fungsional.

Rencana Pesta Gotilon ini akan dilaksanakan pada tanggal Minggu, 8 Oktober 2017 bertempat di Gedung Gereja HKBP Depok 1. Dalam acara tersebut akan ada penampilan paduan suara, vokal grup.

Pdt. ARIT Tambunan menambahkan, adapun juga artis batak ibukota yang memeriahkan acara pesta gotilon yaitu Joy Destiana Tobing panggilan akrab (Joy Tobing) yang akan mengumandangkan beberapa lagu rohani dan lagu batak. Dan ada penampilan “tarian tor-tor bersama dari anak sekolah minggu, remaja/pemuda serta orang tua”. Ujarnya.

- Advertisement -