Bedah Sampah Ala Wali Kota Jakut

0
Wali Kota Jakarta Utara, Husein Murad, saat ditemui WartaMaya di sela-sela aktifitasnya, Jumat (15/09/2017). Foto: Ryan
- Advertisement -Best Domain & Hosting!

WartaMaya.Id, Jakarta – Wali Kota Jakarta Utara, Husein Murad, membuat program baru yakni membedah sampah lingkungan warga di Kawasan Kota Jakarta Utara.

Wali Kota mengatakan, pembedahan sampah tersebut, yakni dengan cara mengerahkan kekuatan sejumlah petugas oranye, dan Unit Pelaksana Kerja (UPK) Badan Air Suku Dinas (Sudin) Lingkungan Hidup Kota Jakarta Utara secara penuh, dengan bersihkan saluran air di pemukiman warga.

Program bedah sampah kali ini, memang tiga hari ini sudah berjalan. Saya meminta petugas-petugas oranye dan UPK Badan Air dari Sudin Lingkungan Hidup, Sudin Sumber Daya Air dan seluruh instansi lain agar mengerahkan semua petugas lapangan dengan membedah sampah yang secara rutin baik pagi, siang, sore, hingga malam hari membersihkan saluran air wilayah atau pemukiman warga,” papar Husein saat dikonfirmasi, Jumat (15/9/2017).

- Advertisement -
loading...

Menurut Husein, gerakan membedah sampah kali ini tak hanya bertujuan agar lingkungan itu bebas dari sampah, namun juga memberikan contoh positif kepada warga agar hatinya juga tergerak untuk sama-sama bebas sampah dari saluran air dan sudut-sudut lingkungan warga di Jakarta Utara.

“Mau kali kecil, besar, atau sungai sekalian itu harus bersih tak ada sampah sedikitpun. Tidak hanya itu saja gerakan ini setidaknya bertujuan menggerakkan hati masyarakat agar bersama-sama menjaga lingkungan. Jangan sampai ya, semata-semata sejumlah petugas ini berupaya membersihkan sampah di saluran dan kali tapi warganya juga masih buta akan pentingnya itu bebas sampah di lingkungannya,” ungkapnya.

Ia mengatakan juga memerintahkan pihak dari Kelurahan dan Kecamatan untuk mengerahkan petugas lapangan, tidak kendur membersihkan saluran air. Tidak lupa, kata Husein, untuk bisa menegur warganya, bila warga itu kedapatan membuang sampah ke saluran air.

Baca Juga :  GBI Klarifikasi Terkait Mundurnya Pdt. Erastus Sabdono

“Warga juga bisa menegur jika ada warga yang membuang sampah sembarangan. Di program membedah sampah itu, bertujuan untuk dapat mengantisipasi meluapnya air dari saluran air pada musim penghujan. Lihat saja, tak seperti biasanya pasukan oranye gerebek saluran air di lingkungan warga di enam Kecamatan Kota Jakarta Utara. Program ini, terus dilanjut demi kebersihan saluran dan warga terbebas banjir,” jelasnya.

- Advertisement -