Wow! Ada Aplikasi e-CINTA Di Puskesmas Cilincing

0
- Advertisement -Best Domain & Hosting!

WartaMaya.Id, Jakarta – Fungsi Puskesmas atau Pusat Kesehatan Masyarakat adalah memberi pelayanan kesehatan kepada masyarakat melalui Upaya Kesehatan Masyarakat (UKM) dan Upaya Kesehatan Perseorangan (UKP) sebagai program pemerintah pada sektor kesehatan. Puskemas juga termasuk fasilitas kesehatan tingkat pertama,artinya puskesmas merupakan fasilitas di barisan terdepan yang memberikan layanan kesehatan pada masyarakat umum.

Salah satunya Puskesmas Kecamatan Cilincing telah melakukan sebuah terobosan positif dengan memuat aplikasi. Aplikasi tersebut dinamakan e-CINTA.

Kasudin Kesehatan Jakarta Utara, Helmi mengatakan, aplikasi itu dibuat untuk memudahkan petugas di puskesmas agar mudah saat meninjau tumbuh kembang anak.

- Advertisement -
loading...

“Aplikasi e-CINTA ini juga merupakan inovasi dari Puskesmas Kecamatan Cilincing,” ujar Helmi, saat ditemui di Puskesmas Cilincing, Rabu (13/09/2017).

Helmi menyebut bahwa aplikasi ini  baru ada di Puskesmas Kecamatan Cilincing. Menurutnya, jika aplikasi tersebut berjalan efektif dan berdampak positif bagi masyarakat maka akan dikembangkan di setiap kecamatan yang ada di wilayah Jakarta Utara.

“Sejauh ini pelayanan puskesmas di kawasan Jakut cukup baik ya. Buktinya masyarakat di Jakarta Utara percaya dengan fasilitas di setiap Puskesmas Jakut. Hari ini juga kita telah dikenalkan aplikasi (e-Cinta) tersebut,” ungkap Helmi.

Sementara itu, Wali Kota Jakarta Utara, Husein Murad menyambut baik terobosan terkait aplikasi e-Cinta dari Puskesmas Cilincing. Ia mengatakan bahwa nantinya seluruh anak bisa termonitor kesehatannya setiap saat. Husein juga Mengharapkan agara puskesmas di kecamatan lain ikut memiliki inovasi tersendiri dalam meningkatkan kualitas pelayanan pada masyarakat.

“Terobosan membuat aplikasi e-Cinta yang berbasis website ini sangat bermanfaat bagi warga. Kita berharap puskes lain juga bisa melakukan terobosan,” ujar Husein usai acara peluncuran aplikasi, di Puskesmas Cilincing.

Menurutnya, tumbuh kembang anak pada usia emas, 0-5 tahun harus ditangani sebaik mungkin. Untuk itu harus melibatkan banyak pihak, sehingga persoalan terkait kesehatan pada masyarakat terutama tentang kasus gizi buruk tidak akan ditemukan di Jakarta Utara.

- Advertisement -