Novel Fiksi Sejarah Hadir di Pameran Buku Indonesia

0
- Advertisement -Best Domain & Hosting!

WartaMaya.Id, Jakarta – Pameran Buku Indonesia Internasional dihelat di JCC Senayan, Jakarta Pusat mengalami kepadatan di hari terakhir perhelatannya. Salah satunya yang menarik pengunjung penggemar buku itu yakni novel fiksi sejarah ‘Erstwhile Persekutuan Sang Waktu’ karya penulis Rio Haminoto.

Dalam talk show itu hadir pula salah satu tokoh politik Sylviana Murni dan aktris Shahnaz Haque yang turut memberikan pernyataan mengenai minat baca masyarakat Indonesia.

“Saya menulis Majapahit karena disitu awal tradisi Indonesia dengan era kepemimpinan Gajah Mada. Buku ini merupakan jenis fiksi sejarah. Tema yang saya ambil ini campuran antara abad ke-14 dengan tokoh keseharian di abad ke-21,” ujar Rio, Minggu (10/9/2017).

- Advertisement -
loading...

Ia menyebut buku itu menceritakan mengenai tokoh utama Raphael Harijono (Rafa) yang menggambarkan dirinya secara subyektif sebagai penulis dan Picaro Donevante yang terinspirasi dari tokoh Marcopolo.

“Saya ingin menggabungkan konsep sejarah internasional dengan sejarah dalam negeri yang multi etnik dan mengajarkan Indonesia akan kekayaan kebudayaan dan nilai-nilai toleransi di Indonesia,” terangnya.

Buku yang diterbitkan oleh mnc itu merupakan salah satu nominasi 16 karya terpilih dari Ubud Writers & Readers Festival 2016 yang diikuti oleh sedikitnya 890 karya tulisan.

“Harapan saya agar pembaca bisa terinsipirasi menjadi sejarah negara Indonesia yang memiliki berbagai macam kebudayaan dan di kombinasikan dengan sejarah internasional,” ungkap Rio.

Erstwhile yang memiliki makna yang terindah dan yang sebelumnya merupakan edisi pertama karya Rio yang mengangkat perpaduan sejarah non fiksi budaya nusantara dengan sejarah internasional.

“Seri berikutnya saya akan menulis perpaduan lima penari Jawa yang menari di kota Paris pada 1889 dengan legenda si Pitung pendekar Betawi yang masih dalam proses penulisan,” tuturnya.

- Advertisement -