Candi Borobudur Tak Ada Kaitan Dengan Tragedi Di Rakhine State

0
Candi Borobudur dibangun untuk memuliakan agama Budha Mahayana, sedangkan di Myanmar masyarakatnya didominasi Budha Theravada. Foto: Kemdikbud.
- Advertisement -Best Domain & Hosting!

WartaMaya.Id, Jakarta- Sekelompok massa berencana  melakukan aksi  untuk mengepung kompleks Candi Borobudur di Magelang, Jawa Tengah, aksi  itu diketahui dilakukan guna merespon atas apa yang terjadi  di Rakhine State,  Myanmar.  Kapolri Jenderal  Pol Tito Karnavian lewat akun sosial media milik Divisi Humas Polri menginstruksikan jajarannya  yang ada di Jawa Tengah agar tidak memberikan izin unjuk rasa karena Candi Borobudur merupakan objek pariwisata yang tidak ada hubungan dengan apa yang terjadi di Rakhine State. Pernyataan Kapolri yang disampaikan lewat status akun Facebook Divisi Humas Polri itu mendapat dukungan dari Warganet

“Aksi Borobudur dilarang! Saya perintahkan Kapolda Jateng, jangan memberi izin,” tegas Kapolri seperti dikutip wartamaya.id dari akun Facebook Divisi Humas Polri, Selasa sore (05/09/2017).

Lebih lanjut dikatakan Kapolri bahwa, Candi Borobudur  bukanlah milik umat tertentu melainkan lokasi tujuan wisata Indonesia dan merupakan  warisan  para pendahulu yang harus dijaga kelestariannya.  Warganet merespon ketegasan dari  Jenderal  Tito dengan berkomentar, kebanyakan komentar yang ada mendukung langkah tegas Kapolri itu karena  rencana aksi demo sekelompok massa di Candi Borobudur  tersebut dianggap  merupakan aksi yang tidak jelas dan salah sasaran, berikut kutipan  yang diambil dari komentar warganet di akun Facebook Divisi Humas Polri

screenshoot Facebook (05/09/2017).
- Advertisement -
loading...

“Kenapa ya orang-orang itu suka impor konflik.  Yang ribut di sana kenapa dibawa kemari,” kata akun Thopik Arlobat menanggapi postingan akun Facebook Divisi Humas Polri.

“Lagian gak ada hubungannya dengan Candi Borobudur, langsung aja ke Myanmar sono, jangan ribut dengan bangsa sendiri yang lagi adem ayem,” saut akun Facebook bernama Yandi Cool.

“Lebay, jangan kotorin Candi Borobudur dengan demo yang tidak ada hubungannya,” tambah akun Ani Harmen.

- Advertisement -