Manado Fiesta 2017, Upaya Meningkatkan Pariwisata Daerah

0
Salah satu kendaraan hias dalam gelaran karnaval di acara Manado Fiesta 2017. Foto: Sisco Manosoh
- Advertisement -Best Domain & Hosting!

WartaMaya.Id, Manado- Manado Fiesta 2017 merupakan gelaran perdana yang digelar Pemerintah Provinsi Sulawesi Utara. Dengan mengambil Tema Manado Our Home Together,Conserve Bunaken Marine Park (Manado Rumah Kita Bersama, Lestarikan Taman Laut Bunaken), pemerintah daerah Sulawesi Utara (Sulut) berharap dapat merangsang iklim pariwisata di wilayah itu. Direktorat Jenderal Otonomi Daerah Kementerian Dalam Negeri (Dirjen Otda), Dr. Sonni Sumarsono, hadir di Boulevard Dua Kelurahan Sindulang, Tuminting, tempat pembukaan gelaran itu, Sabtu (02/09/2017).

Sumarsono yang pernah menjadi Pjs.Gubernur Sulut beberapa waktu silam itu, menyampaikan salam hangat kepada masyarakat yang memenuhi Boulevard Dua Kelurahan Sindulang, Tuminting, terutama untuk warga Manado yang menjadi ‘tuan rumah’ dari kegiatan ini.

“Saya datang ke Manado bukan senang tapi sangat senang disamping mewakili Mendagri saya juga bernostagia di Manado karena pernah menjadi Penjabat Gubernur Sulut. Perkembangan Kota Manado sungguh sangat luar biasa dalam perubahan,” ujar Sumarsono yang mewakili Menteri Dalam Negeri, Tjahyo Kumolo.

- Advertisement -
loading...

“Mendagri juga mengucapkan selamat atas terselenggaranya acara Manado Fiesta 2017, mudah-mudahan acara yang pertama kali diadakan ini menjadi agenda tahunan,” kata Sumarsono.

Sementara itu, Gubernur Sulut Olly Dondokambey dalam sambutannya mengatakan atas nama pemerintah provinsi Sulawesi Utara memberikan apresiasi yang tinggi kepada Wali Kota Manado Godbless Vicky Lumentut dan seluruh rakyat Kota Manado yang pada hari ini merayakan agenda Manado Fiesta 2017.

“kegiatan ini tentunya menunjang pemerintah Provinsi Sulut untuk meningkatkan pariwisata, dan secara pribadi saya memandang terselenggaranya ivent ini menandakan pemerintah Kota dan masyarakat Manado memiliki sinergitas untuk membangun daerah melalui berbagai upaya strategis termasuk didalamnya penyelenggaraan iven Manado Fiesta 2017 ini,’’ ujar Dondokambey.

Direktorat Otonomi Daerah Kementerian Dalam Negeri, Dr. Sonni Sumarsono (kiri pertama) bersama pemimpin daerah Prov. Sulawesi Utara dan Pemerintah Kota Manado membuka Manado Fiesta 2017, di Boulevard Manado, Sabtu (02/09/2017). Foto: Sisco Manosoh

Dikatakannya terselenggaranya kegiatan ini juga menunjukan bahwa Pemerintah Kota dan masyarakat Kota Manado merupakan komponen pembangunan bangsa yang cerdas yang mampu memaknai dan memanfaatkan potensi pembangunan yang dimiliki sekaligus melirik peluang di tengah proses pertumbuhan sektor pariwisata bangsa guna menjawab kebutuhan akan pembangunan daerah.

Baca Juga :  FH UKI Gelar Diskusi Tentang Perlindungan Konsumen

“Terima-kasih dan apresiasi untuk Pemerintah dan masyarakat Kota Manado. Kegiatan ini jugaa kan semakin menunjang eksistensi Sulut khususnya Manado yang sebagai salahsatu Kota yang memiliki tingkat toleransi social terbaik di Indonesia sebagaimana turut dibuktikan oleh riset tahun 2015 yang menempatkan Kota Manado diposisi ke-4 dari 94 kota di Indonesia. Begitu juga dengan tingkat kebahagian, Provinsi Sulut mendapat peringkat tiga terbaik dari hasil BPS 2017, untuk itu melalui iven ini saya berharap masyarakat Sulut khususnya Kota Manado untuk semakin dapat meningkatkan semangat toleransi dan kebersamaan untuk hidup saling tolong menolong, bahu membahu saling mendukung tanpa membedakan latar belakang yang dibalut dalam semangat torang samua ciptaan Tuhan,” Puji Olly.

Di tempat yang sama, Wali Kota Manado Godbless Softcar Vicky Lumentut menyampaikan kegiatan ini akan dilaksanakan selama 10 hari dan disajikan lewat 7 festival yaitu Fiesco Festival, Fashion Festival, Food Festival, Flying Festival, Fun music festival , Fair Festival dan Faith Festival.

“Agenda Manado Fiesta ini diselenggarakan dalam rangka Manado menjawab petunjuk bapak Gubernur menjadikan salahsatu daerah tujuan wisata di Sulut lewat terobosan tahun lalu penerbangan langsung ke Tiongkok dan kemudian ditetapkannya Manado salahsatu destinasi wisata di Nusantara. Kemasan Manado Fiesta ini kami rangkaikan dengan tiga peristiwa yaitu, Hut ke- 394 Kota Manado, Hut ke-72 RI dan dalam rangka Hut ke-53 Provinsi Sulut,” jelas Lumentut.

- Advertisement -