Tak Hanya Asin, Air Laut Pun Bisa Terasa ‘Manis’

0
Foto: Dispen Lantamal IX
- Advertisement -Best Domain & Hosting!

WartaMaya.id, Ambon- Sebagian besar wilayah Indonesia merupakan perairan, hal itu merupakan kekayaan bagi bangsa dan negara Indonesia selain dari keragaman warna suku, bangsa, agama dan RAS, yang tersebar di sepanjang Nusantara. Anugerah dari Tuhan itu patutlah disyukuri oleh masyarakat Indonesia, seperti panen ribuan ikan berjenis GiantTrevallyrs atau biasa dikenal dengan nama ikan Bobara di Pangkalan Utama Angkatan Laut IX (Lantamal IX), Ambon, Maluku, Jumat kemarin (25/08/2017). Komandan Lantamal IX Nur Singgih Prihartono, S.E.,M.Tr (Han)., pun mengucap syukur atas hasil panen dari Budidaya ikan milik Lantamal IX itu dengan mengatakan betapa ‘Manisnya’ kekayaan laut jika dimanfaatkan dengan baik.

“Betapa manisnya air laut apabila kita memanfaatkannya dengan baik yaitu dengan pembudidayaan ikan”. Demikian kalimat konotasi yang disampaikan Komandan Lantamal IX saat memanen ribuan ekor Ikan Bobara di Kerambah Budidaya Ikan milik Lantamal IX yang dibangun tepat di belakang Mako Batalyon Marinir Pertahanan Pangkalan (Yonmarhanlan) IX Ambon.

Saat panen ikan Bobara di Keramba milik Lantamal IX, Ambon. Foto: Dispen Lantamal IX

Didampingi Wakil Komandan Lantamal IX Kolonel Marinir Imam Sopingi, Para Asisten Danlantamal IX, KS. Guspurlatim, Komandan KRI Abdul Halim Perdanakusuma – 355 dan Komandan Yonmarhanlan IX Ambon, Danlantamal IX mengatakan pemeliharaan Ikan Bobara sangatlah mudah karena waktu pemeliharaan dan pembesaran hanya sekitar 3 – 5 bulan sudah siap di panen. Selain itu, sangat layak untuk dikembangkan dan sangat nikmat untuk disantap, tekstur yang padat sangat cocok untuk dimasak dengan cara dibakar.

- Advertisement -
loading...

Lebih lanjut dikatakan, Untuk pemberian makanan dengan cara memotong – motong kepala ikan atau tetelan ikan, kebersihan jaring sangat berpengaruh untuk mengurangi resiko kematian dan serangan penyakit/virus.

Diharapkan dengan pemeliharaan Ikan Bobara di Lantamal IX berdampak pada peluang yang terus menjadikan komoditas ini sebagai andalan hasil perikanan budidaya serta dapat dijadikan contoh untuk meningkatkan taraf hidup masyarakat pesisir, nelayan dan masyarakat pembudidaya perikanan.

- Advertisement -

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here