Akhirnya, PGIW Jakarta Klarifikasi Kehadiran Utusannya Di Milad FPI

1
Sumber Foto: Istimewa
- Advertisement -Best Domain & Hosting!

WartaMaya.Id, Jakarta- Polemik perdebatan terkait kehadiran utusan PGI Wilayah DKI serta pernyataan Pdt. Shephard Supit pada peringatan Milad FPI dan Perayaan HUT ke-72 Kemerdekaan RI, akhirnya Majelis Pekerja Harian (MPH) PGI Wilayah DKI memberikan klarifikasinya. Klarifikasi itu diterima redaksi dalam bentuk pesan tertulis, Senin sore (21/08/2017). Berikut poin penjelasan dari Ketua Umum PGI Wilayah (PGIW) Jakarta, Pdt. Manuel E. Raintung dan Sekretaris Umum PGIW Jakarta, Pdt.Ferry F Simanjuntak.

(baca: Sekum PGI: “PGI Tidak Kirim Utusan Di Milad FPI” )

“1. Hal ini dimulai dari Pihak FPI yang beraudiensi dengan FKUB Provinsi pada tanggal 15/08/2017 di kantor FKUB Provinsi. Pada acara ini Sekum PGIW hadir karena anggota FKUB Provinsi.

- Advertisement -
loading...

2. Pihak FPI mengundang tokoh agama DKI melalui FKUB Provinsi DKI Jakarta untuk menghadiri peringatan Milad mereka dan sekaligus peringatan HUT RI, dengan Tema: Merajut Kebhinekaan dalam NKRI bersyariah.

3. FKUB Provinsi DKI Jakarta sepakat untuk menghadiri. Dan berharap diikuti oleh perwakilan Majelis Agama Provinsi. Dan dalam kesempatan tersebut bisa menyampaikan salam dan pesan perdamaian.

4. Berhubung Ketum dan Sekum PGIW DKI berhalangan pada kesempatan tersebut maka Sekum meminta Ketua Bidang Marturia MPH PGIW Pdt. Shephard Supit agar bisa menghadirinya sebagai wakil agama kristen/PGIW DKI Jakarta.

5. Kehadiran Pdt Shephard Supit sesungguhnya bersama tokoh agama lainnya yang direkrut pihak majelis agama masing-masing telah mendapat arahan dari Ketua FKUB Prov utk menyampaikan pesan perdamaian, toleransi, cinta kasih dan kemanusiaan serta mengajak FPI untuk memperkokoh pilar kebangsaan, khususnya untuk membangun Jakarta rukun dan damai.

6. Pdt. Shephard Supit telah melaksanakan tugasnya menghadiri undangan dan acara, yaitu hari Sabtu, 19/08/2017 pukul.07.00-10.00 di Stadion Sepak Bola Kamal-Penjaringan Jakarta Utara. Beliau telah menyampaikan pesan perdamaian, toleransi, cinta kasih dan kemanusiaan bersama tokoh lintas agama selama 3 menit. Pada kesempatan itu beliau juga menyampaikan pengalaman pribadinya terkait dengan FPI pada masa lalu.

7. Sesudah acara berakhir beliau diminta pendapatnya oleh wartawan atas beberapa pertanyaan yang berkaitan dengan acara milad dan keberadaan Habib RS. Semua jawabannya adalah bersifat pribadi sesuai dengan pengalaman Pdt. Shephard Supit.

8. MPH telah mendapat kejelasan dari Pdt. Shephard Supit pada hari Senin tanggal 21/08/2017 pukul. 14.00-16.00 di kantor PGIW DKI mengenai jalannya acara dan perannya, yang mendapatkan tanggapan yang bermacam-macam di media sosial sehingga menimbulkan pertanyaan dan respons yg positif maupun negatif. Yang oleh Pdt. Shephard Supit telah disampaikan maksud dan tujuannya yang tidak bermaksud untuk menciderai gereja dan atau umat kristen (di DKI). Beliau juga telah menyampaikan permohonan maaf untuk keadaan ini bila ada ketidaknyamanan.

9. MPH PGIW DKI berharap agar kita dapat melihat kehadiran Pdt. Shephard Supit yg ditugaskan menghadiri acara tersebut sebagai perwujudan peran PGIW DKI dalam gerakan perdamaian dan kerukunan yang dikerjakan bersama-sama FKUB Prov. DKI.

10. MPH PGIW DKI menyampaikan permohonan maaf jika hal ini menimbulkan polemik diantara gereja dan umat kristen di DKI. Dan mengajak kita semua untuk terus menyuarakan keadilan dan perdamaian serta mengaktualisasi kerukunan hidup diantara kita dan antar umat beragama.

Trima Kasih -Tuhan memberkati persekutuan kita.

Salam Kasih :
Pdt. Manuel E. Raintung/Ketua Umum dan Pdt.Ferry F Simanjuntak/Sekretaris Umum
PGI Wilayah DKI Jakarta”.

Sebelumnya, seperti sudah diberitakan WartaMaya.Id, bahwa kehadiran utusan dari PGIW Jakarta menjadi perdebatan oleh para warganet. Perdebatan tersebut menyeret nama PGI Pusat yang kemudian segera diklarifikasi oleh Sekretaris Umum MPH PGI, Pdt. Gomar Gultom. Dikatakan Pdt. Gomar Gultom bahwa secara kelembagaan PGI tidak mengirim utusan untuk hadir dalam acara Milad FPI itu, PGI justru selama ini sangat berseberangan dengan aksi-aksi yang dilakukan oleh FPI.

- Advertisement -
PenulisNick Irwan
SHARE