Potensi Budidaya Ikan Nemo

0
Ikan Nemo yang juga dikenal dengan nama ikan badut atau ikan giru. Foto: Istimewa
- Advertisement -Best Domain & Hosting!

WartaMaya.Id, Ambon- Indonesia merupakan wilayah perairan yang sangat luas, kekayaan yang terkandung di dalamnya sangat banyak, salah satunya ragam jenis ikan, baik itu ikan untuk dikonsumsi maupun jenis ikan hias. Pangkalan Utama TNI Angkatan Laut IX (Lantamal IX), Ambon berinisiatif untuk membudidayakan ikan Nemo berjenis Black Ice dan Pikacu, untuk di ekspor ke Kawasan Asia dan Eropa. Budidaya ikan yang akrab dengan anak-anak itu, dianggap dapat mendatangkan keuntungan dan sebuah peluang bisnis yang menjanjikan bagi masyarakat sekitar. Demikian keterangan tertulis yang diterima redaksi, Senin (14/08/2017)

Foto: Dispen Lantamal IX

“Ikan Nemo memiliki kemampuan suatu komoditi untuk memasuki pasar luar negeri dan kemampuan guna dapat bertahan dalam pasar,” ujar  Wakil Komandan Lantamal IX Kolonel Marinir Imam Sopingi.

Lebih lanjut dikatakan, harga jual ikan yang juga dikenal dengan nama ikan badut atau ikan giru ini mencapai puluhan sampai ratusan ribu. Namun, harga tergantung mutu serta keunikan warna dan corak, oleh karenaya Lantamal IX sangat memperhatikan hal itu. Untuk memperoleh izin ekspor, Lantamal IX bekerjasama dengan Dinas Kelautan dan Perikananan Provinsi Maluku.

Foto: Dispen Lantamal IX
- Advertisement -
loading...

Diharapkan dengan adanya budidaya ikan di Lantamal IX yang hasilnya di ekspor keluar negeri, komoditi ikan di Tanah Air dapat bersaing dan berdaya jual tinggi dengan komoditi serupa yang diproduksi negara lain. Selain itu, budidaya ikan ini ditujukan untuk menekan kepunahan dan kebutuhan pasar dapat terpenuhi.

- Advertisement -
PenulisNick Irwan
SHARE