Harga Pakan Naik, Harga Hewan Kurban Melonjak

0
Peternakan Sapi. Foto : Ryan Suryadi
- Advertisement -Best Domain & Hosting!

WartaMaya.Id, Jakarta – Kenaikan harga hewan kurban jenis sapi di Jakarta dan sekitarnya menjelang Hari Raya Idul Adha 1438 Hijriah/2017 Masehi mencapai Rp 1juta per ekor. Sementara untuk kambing mengalami kenaikan antara Rp200 ribu hingga Rp300 ribu per ekor.

“Harga hewan kurban mengalami kenaikan tiap tahunnya, dikarenakan biaya pakan dan perawatan yang mahal, warga sudah mulai membeli atau boking hewan kurban karena takut harga semakin mahal menjelang Idul Adha tahun 2017,” kata salah seorang penjual hewan kurban Anda Suwanda (55) di Pasar Rawa Badak, Koja, Jakarta Utara, Selasa (15/8/2017).

Anda yang setiap tahun menjadi penjual Sapi ternak ini mengatakan kenaikan harga hewan kurban menjadi mahal selain biaya pakan dan perawatan yang mahal, pakan juga sulit didapatkan karena akses peternakan berada di kota.

- Advertisement -
loading...

“Sekarang kami beli bahan pakan seperti rumput di Karawang Jawa Barat. Biasanya rumput kita beli dengan harga Rp 6000 namun saat ini di jual dengan harga Rp 10.000,” ungkap Anda.

Anda mengungkapkan, untuk tahun ini harga hewan kurban tidak mengalami kenaikan harga terlalu tinggi. Menurutnya, untuk harga sapi hanya mengalaki kenaikan sebesar Rp 1juta per ekornya.

Sementara untuk harga kambing tidak terlalu besar kenaikannya. Tahun lalu domba berukuran sedang hanya berada di kisaran harga Rp3,3juta dan untuk saat ini berada di kisaran Rp2,5 juta.

Sementara itu, salah seorang warga Iskandar (41) menuturkan dirinya sengaja memesan hewan kurban sejak jauh-jauh hari karena khawatir harganya akan semakin naik.

“Jadi saya pesan dulu hewan kurban dari sekarang. Karena saya khawatir sudah menginjak H-10 Idul Adha, harganya pasti naik. Di sini juga kambing dan sapinya sehat dan bagus,” kata Iskandar saat ditemui di Pasar Rawa Badak.

- Advertisement -