Gunung Ijen Semburkan Gas Beracun

0
Panorama kawah Ijen di Banyuwangi, Jawa Timur.Foto: Antara/Budi Candra Setya
- Advertisement -Best Domain & Hosting!

WartaMaya.ID, Bondowoso- Gunung Ijen di Kabupaten Bondowoso, Jawa Timur dikabarkan mengeluarkan gas beracun, Kamis (22/03/2018). Ratusan warga di kaki gunung tersebut terpaksa harus dievakuasi guna meminimalisir paparan gas beracun dari kawah Gunung Ijen.

Berdasarkan informasi dari Badan Nasional Penanggulangan Bencana atau BNPB, gas beracun yang keluar dari kawah di puncak Gunung Ijen turun ke permukiman warga di wilayah Desa Kalianyar, Kecamatan Ijen.

Ratusan warga di tiga wilayah dusun, yakni Dusun Curah Macan, Dusun Margahayu dan Dusun Watu Capil, dikabarkan terpapar gas berbahaya tersebut. Puluhan orang sudah dilarikan ke rumah sakit terdekat untuk segera mendapat perawatan medis.

- Advertisement -
loading...

Gunung Ijen mengeluarkan gas beracun menyebabkan 178 jiwa warga Desa Kalianyar Kecamatan Ijen Kabupaten Bondowoso Jawa Timur terdampak. 30 jiwa terpapar gas beracun dimana 24 jiwa dirawat di Puskesmas Ijen, 4 jiwa di Puskesmas Tlogosari, 2 jiwa dirujuk ke RS Koesnadi Bondowoso,” kata Kepala Humas BNPB, Sutopo Purwo Nugroho, dikutip dari akun twitter miliknya, Kamis (22/03/2018).

Hingga saat ini petugas gabungan masih terus melakukan evakuasi penduduk di wilayah terdampak gas beracun.

- Advertisement -