Jarang Dilihat Warga, Situ Pladen Akan Dikelola

0
Komunitas My Trip My Adventure Depok berfoto disela aksi bersih bersih Situ Pladen, Beji, Depok. Minggu (4/3/2018)
- Advertisement -Best Domain & Hosting!

WartaMaya.ID, Depok – Kota Depok ini akan mempunyai destinasi tempat wisata baru. Situ Pladen, kawasan yang berlokasi di Jalan Ridwan Rais, Beji Timur, Depok akan menjadi destinasi wisata baru buat warga.

Diketahui situ ini memiliki luas sekira 1,5Hektar. Walaupun memiliki letak yang strategis dan dekat dengan akses transportasi umum baik angkutan umum maupun kereta api, Situ tersebut kurang mendapat perhatian dari warga setempat.

Richki Septa Amri (24), selaku Ketua Panitia Penyelenggara Aksi Bersih Situ Pladen mengatakan, saat ini pihaknya fokus untuk kegiatan bersih-bersih. Karena sudah lama Situ Pladen dipenuhi dengan sampah plastik yang membuat aliran Situ menuju saluran air tidak lancar.

- Advertisement -
loading...

“Kegiatan ini bertujuan agr Situ Pladen mempunyai daya tarik untuk dikunjungi warga Depok. Nantinya ini akan berkala dua minggu sekali untuk terus mengontrol, selanjutnya akan dibuatkan tempat-tempat sampah dan adanya perawatan lebih lanjut seperti, mengecat dinding kemudian diberikan lampu di sekeliling setu,” kata Richki.

Richki mengungkapkan, kalau aksi bersih Situ Pladen yang dilakukan ini juga mendapat dukungan bantuan dari Dinas Lingkungan Hidup, Dinas Pertamanan Kota, dan warga masyarakat beji.

Sementara itu Dika Audahuq (23), selaku Project Officer My Trip My Adventure (MTMA) Depok berharap, kalau Situ Pladen bisa menjadi tempat destinasi wisata air buat masyarakat sekitar.

“Saya berpesan untuk warga agar tetap memiliki rasa kepedulian terhadap lingkungan sekitar dari mulai hal kecil. Yakni tidak membuang sampah sembarangan untuk tetap menjaga kelestarian lingkungan sekitar,” ungkap Dika.

Richki menambahkan, nantinya untuk tahap pertama pihaknya akan fokus pada perbaikan dan pembersihan area Situ Pladen.

“Untuk tahap kedua kami akan mulai untuk kelola Situ Pladen menjadi wisata air. Dimulai dengan pengadaan jajanan khas Depok, Perahu Keliling, dan Sepeda Air,” tambah Richki.

- Advertisement -