Praktik Percaloan Beredar di Kelurahan Ancol

0
Ilustrasi SUAP
- Advertisement -Otohits.net, fast and efficient autosurf

WartaMaya.Id, Jakarta – Dugaan praktik percaloan masih terjadi di lingkungan kelurahan Ancol, Pademangan, Jakarta Utara. Warga masih dipungut biaya saat mengurus surat kependudukan.

Sebelumnya Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta telah menjamin tanpa biaya alias gratis pada proses pembuatan surat tersebut.

Warga Kampung Walang, kolong Tol Lodan, Kelurahan Ancol, Pademangan, Jakarta Utara Tumijan mengungkapkan kalau warganya kerap dipungut biaya saat mengurus surat kependudukan, seperti pembuatan Kartu Tanda Penduduk (KTP) dan Kartu Keluarga (KK).

- Advertisement -
loading...

“Jumlah uangnya gak merata. Ada yang Rp 200 ribu hingga Rp 400 ribu,” ungkap Tumijan saat dikonfirmasi, Selasa (21/11/2017).

Tumijan menyebut, pungutan biaya itu dilakukan oknum RT di RW 02 korupsi. Warga tak bisa berkutik lantaran di lingkungannya sampai saat ini tak memiliki kepengurusan RT/RW.

“Warga disini kan kebanyakan dari kampung. Karena tidak ada RT/RW, jadi kita numpang ke RW 02. Mereka mungut biaya ke kita kalau mau bikin surat kependudukan,” tambahnya.

- Advertisement -