Pesta Gotilon di HKBP Depok

0
Prosesi Pendeta dan Panitia memasuki ruang Ibadah saat puncak perayaan Pesta Gotilon HKBP Depok 1, Minggu (08/10/2017). Foto: Herwin Gultom
- Advertisement -Otohits.net, fast and efficient autosurf

WartaMaya.Id, Depok- Dalam bahasa Batak, Pesta Perayaan Panen dikenal dengan istilah “Pesta Gotilon”. Kekayaan kultur masyarakat Batak itu juga dijadikan sebagai sebuah perayaan rutin tahunan oleh gereja Huria Kristen Batak Protestan (HKBP), tak terkecuali gereja HKBP jemaat Depok 1. Pada puncak perayaan Pesta Gotilon HKBP Depok 1 yang dilaksanakan pada Minggu (08/10/2017), tercatat sebanyak 1.700 jemaat memadati  acara tersebut. Dengan antusias mereka mengikuti setiap rangkaian acara yang digelar sejak pagi hari.

Perayaan puncak diawali dengan prosesi pengalungan bunga oleh anak-anak sekolah minggu yang diberikan kepada Praeses Distrik XXVIII DEBOSKAB (Depok, Bogor, Sukabumi dan Kalimantan Barat) Pdt. Drs. Berlin Tamba M.Div dan diikuti oleh tiga Pendeta dari HKBP Depok 1 yakni, Pdt. Nekson Simanjuntak selaku Pendeta ressort, Pdt. Marinda Br. Purba dan Pdt. Arit Tambunan sebagai Pendeta fungsional. Tak ketinggalan, pengalungan bunga juga diberikan kepada St. J.P. Siregar sebagai Ketua Panita dan rombongan Panitia Pesta Gotilon 2017.

(Ki-Ka) : Dewan Koinonia St. J. Marpaung, Ketua Panitia Gotilon St. JP Siregar dan St. S. Nainggolan. Foto: Herwin Gultom

Rangkaian acara kemudian dilanjutkan dengan ibadah Minggu Pesta Puncak, yang dimulai pada pukul 08.00. Prosesi masuk rombongan Pendeta, Penatua serta Panitia ke dalam gedung gereja, disambut meriah dengan diiringi alunan instrumen gitar dan biola dari remaja HKBP Depok 1. Tak ketinggalan, para jemaat yang berada di dalam gereja pun berdiri ditempat duduknya masing-masing guna menyambut kedatangan rombongan.

- Advertisement -
loading...

Dalam Khotbahnya, Pdt. Berlin Tamba menuturkan tentang makna hidup sebagai kesayangan Allah, di mana umat diajak untuk selayaknya bersyukur.  Bagaikan kebun anggur kepunyaan Allah itulah, lanjut Pdt. Berlin, para pemilik kebun diharapkan agar menghasilkan buah yang manis dan sedap. Terkait dengan Pesta Gotilon, Pdt. Berlin meminta kepada setiap jemaat selaku orang percaya untuk merealisasikan rasa syukur dan sukacita di hati mereka melalui hasil pekerjaan mereka sehari-hari

Baca Juga :  Yonif- 9 Marinir Beruang Hitam Siap Berlaga di Selat Sunda

“Puji syukur kita ucapkan kepada Allah Bapa di dalam Yesus Kristus atas terselenggaranya Pesta Gotilon. Saya mengucapkan terima kasih kepada Parhalado dan jemaat HKBP Depok 1 atas dukungannya kepada Panitia Pesta Gotilon sehingga acara ini dapat berlangsung meriah,” ujar St. J.P. Siregar, saat menyampaikan sambutannya selaku ketua panitia.

Puncak perayaan Pesta Gotilon HKBP Depok 1 turut dimeriahkan penampilan puji-pujian dari Joy Destiny Tiurma Tobing, atau yang lebih dikenal dengan Joy Tobing.

- Advertisement -