Nasionalisme Dari perbatasan, Film Pendek Karya Mahasiswa UNIMOR

1
- Advertisement -Otohits.net, fast and efficient autosurf

Wartamaya.Id, Jakarta- Banyak cara memelihara jiwa nasionalisme, cinta tanah air tak melulu ada dalam satu warna. Sebuah film pendek karya Universitas Timor (UNIMOR) Kefamenanu misalnya, dalam film pendek berdurasi 14 menit 20 detik tersebut penonton disajikan tayangan tentang harapan dan kebangaan terhadap Indonesia. Tak hanya filmnya saja diproduksi mahasiswa UNIMOR, sountrack lagu berjudul Aku Cinta Negeriku juga tak lepas dari kreatifitas para mahasiswa UNIMOR.

Menceritakan tentang kehidupan di perbatasan Indonesia, tentang dinamika kehidupan kakak beradik yang bertahan hidup berdua pasca kematian sang ibunda tercinta dan kepergian ayah mereka yang merantau, kemudian memulai hidup yanh baru di negara tentangga, tanpa peduli lagi dengan kehidupan kakak beradik yang tetap tinggal di wilayah Indonesia.

Film pendek karya Universitas Timor, Kefamenanu, Timor, Nusa Tenggara Timur. Foto: Istimewa

Ano sang adik, berprofesi sebagai tukang ojek yang biasa mangkal di perbatasan antara Indonesia dan Timor Leste. Sedangkan sang kakak Ana, bekerja di rumah sebagai penjahit. Mereka berdua bahu-membahu bekerja untuk mencukupi kebutuhan hidup di Indonesia. Suatu hari, Ano kesal dengan Ana karena jaket kesayangan pemberian sang ayah  yang berbendera negara tetangga itu ditukar oleh Ana dengan jaket berwarna merah dan putih. Ano merasa tidak percaya diri di depan teman-temannya karena menggunakan jaket pemberian Ana. Ano pun pulang ke rumah dan memarahi kakaknya itu, kemudian sang kakak menjelaskan bahwa kehidupan mereka berdua saat ini tak lepas dari peranan Indonesia, mereka hidup dan mencari nafkah dari di Indonesia sedangkan sang ayah pergi merantau tanpa kabar berita, serta sudah memulai hidup baru dengan menikah. Mendengar sang kakak menjelaskan peranan Indonesia di kehidupan mereka, Ano pun sadar serta berharap ada perbaikan kehidupan yang bisa dirasakannya. Empat tahun berlalu, infrastruktur mulai dibangun oleh pemerintahan yang baru. Kini Ana dan Ano dapat menikmati pembangunan di wilayah perbatasan.

Baca Juga :  Yonif- 9 Marinir Beruang Hitam Siap Berlaga di Selat Sunda
- Advertisement -
loading...

Dari keterangan pengunggah video di YouTube, bahwa film pendek tersebut merupakan karya mahasiswa Universitas Timor Kefamenanu, Timor, Nusa Tenggara Timor dan akan diikut sertakan dalam ajang Festival Film Mahasiswa 2017 yang digelar Kementerian Ristek dan Pendidikan Tinggi. Film itu dirilis pertama kali di UNIMOR pada tanggal 7 Agustus 2017 lalu.

Sumber Video : primus bere boe – https://youtu.be/2BTlodd8ClY

- Advertisement -