Mesjid Bernuansa Betawi Jawa di Kalijodo Siap di Resmikan

0
Mesjid Bernuansa Betawi Jawa di Kalijodo Siap di Resmikan
- Advertisement -Otohits.net, fast and efficient autosurf

WartaMaya.Id, Jakarta – Kawasan Ruang Terbuka Hijau (RTH) Kalijodo kini di fasilitasi lengkapi dengan fasilitas ibadah buat pengunjung yang beragama muslim. Tepat di sebrang RTH Kalijodo, kini telah berdiri bangunan mesjid di atas tanah seluas 3.960meter.

Bangunan dari mesjid yang di namakan Mesjid Jami Al-Mubaroqah ini seluas 550meter dengan keadaan dua lantai.

Baca Juga :  Bongkahan Tembok Berlin Tiba di RTH Kalijodo

“Mesjid ini dua lantai ya. Jadi lantai 1 bisa digunakan sebagai gedung serbaguna. Sedangkan di lantai 2 merupakan tempat untuk ibadah,” ujar Lurah Anke, Dirhamsyah, saat ditemui di kawasan Kalijodo, Tambora, Jakarta Barat, Selasa (26/9/2017).

- Advertisement -
loading...

Dirhamsyah juga menyebut kalau bangunan mesjid tersebut sengaja dibuat dengan bernuansa Betawi Jawa.

Sementara itu, pengerjaan pembangunan Masjid legendaris eks-Kalijodo, Al Mubarokah rampung dikerjakan. Hanya saja, para pekerja bangunan masih sibuk mengerjakan tahap ‘finishing’ pada sejumlah bagian dalam maupun luar bangunan masjid.

“Pengerjaan yang dilakukan saat ini di antaranya merapihkan tempat wudhu, mempernis batu alam taman, membuat garis pembatas dan memindahkan tiang listrik yang berada di tengah lokasi parkir kendaraan, hingga menanam tanaman di sisi depan bangunan masjid,” jelas Dirhamsyah.

Ia juga mengatakan Masjid ini kditargetkan akan diresmikan pada Selasa (3/10/2017) mendatang.

Kemudian pasokan air untuk kebutuhan masjid sudah tersedia. Terdapat dua jenis sumber air, yakni air tanah dan Palyja. Begitu pun listrik, dikatakannya sudah masuk ke dalam masjid.

“Hampir 100 persen pembangunan sudah selesai. Bahkan sudah ada warga yang menggunakannya untuk shalat,” ucapnya.

Terkait lokasi parkir, dia tak menapik masih minim lahan. Saat ini, lokasi parkir dapat dimuat sekitar enam unit mobil dan 20 unit sepeda motor.

“Parkir kendaraan bisa difokuskan di Ruang Terbuka Hijau (RTH) Kalijodo. Lagi pula nanti kan mau dibuatkan Jempatan Penyebrangan Orang (JPO),” tambahnya.

- Advertisement -