Jalin Kerjasama, Pennsylvania State University Gandeng FH-UKI

0
Dekan Fakultas Hukum UKI, Hulman Panjaitan SH.,MH, saat menjelaskan rencana kerjasama yang dijalin oleh FH-UKI dengan PennState Law, Kamis (05/10/2017). Foto: Nick
- Advertisement -Otohits.net, fast and efficient autosurf

WartaMaya.Id, Jakarta- Fakultas Hukum Universitas Kristen Indonesia (FH-UKI) pada Kamis pagi (5/10/2017) menerima kedatangan Asisten Dekan Hukum Pennsylvania State University (PennState Law), Amerika Serikat, Stephen G. Barnes. Kedatangan Barnes itu diterima langsung oleh Dekan FH-UKI, Hulman Panjaitan SH.,MH, berserta sejumlah akademisi FH-UKI, di kampus Fakultas Hukum UKI, Cawang, Jakarta Timur. Dalam kesempatan itu kedua belah pihak membahas sejumlah rencana kerja sama di bidang pendidikan, khususnya program beasiswa.

“Kita mendapat kehormatan besar. Puji Tuhan, kita kedatangan tamu dari PennState Law. Jadi bisa kita katakan sejumlah nama besar sudah dihasilkan oleh Universitas tersebut,” ujar Hulman ketika berbincang dengan WartaMaya usai pertemuan tersebut.

Baca Juga :  Kualitas Alumnus Hukum UKI Dipuji Salah Satu Universitas di AS
- Advertisement -
loading...

Hulman mengatakan, pertemuan itu diinisiasi oleh alumni Fakultas Hukum UKI yang tengah menjalankan studi lanjutannya di PennState Law. Secara khusus, pihak PSU mendatangi Fakultas Hukum UKI demi mewujudkan kerjasama tersebut.

“Atas rekomendasi itulah, beliau (Barnes) sangat berkeinginan untuk datang ke Indonesia. Beliau datang secara khusus untuk UKI, setelah mengunjungi Srilanka. Nah kita menyambut baik rencana kerja sama ini, khususnya beasiswa bagi mahasiswa kita (FH-UKI),” lanjut Hulman.

Sebagai tanda keseriusan di bidang beasiswa, jelas Hulman, pihak PennState Law melalui Barnes juga tak segan untuk menggaransi beasiswa secara penuh bagi seorang mahasiswa FH-UKI.

“Bahkan beliau bilang, kalau ada nama mahasiswa yang tadi (saat pertemuan ) kita setorkan, beliau akan menggaransi satu orang untuk mendapatkan beasiswa penuh. Namun kita meminta untuk menunggu sampai dengan hari Senin depan (9/10/2017), untuk menyerahkan daftarnya. Karena, kita juga masih membutuhkan waktu untuk menyeleksi mahasiwa kita. Namun pemberian beasiswa ini kami utamakan bagi mahasiswa yang mau mengabdi di UKI sebagai seorang dosen,” lanjutnya.

Selain beasiswa, Hulman kembali menjelaskan, model kerjasama jangka panjang yang sedang dipersiapkan oleh kedua belah pihak adalah kursus singkat, pertukaran dosen, penelitian bersama, maupun upaya pemenuhan kebutuhan jurnal internasional di bidang hukum.

“Beliau tadi sudah sangat terbuka, mereka juga punya jurnal internasional itu. Nah tulisan-tulisan dari dosen kita dari Fakultas Hukum bisa dimuat di sana. Nah tadi beliau sudak membuka diri, bahwa beliau akan betul-betul membantu Fakultas Hukum kita,” pungkas Hulman.

Pennsylvania State University merupakan salah satu institusi pendidikan tinggi ternama di Amerika Serikat. Didirikan pada tahun 1848,universitas ini telah membidani sejumlah tokoh kenamaan di tingkat dunia termasuk Wakil Presiden ke-11 Republik Indonesia, Prof. Dr. H. Boediono, M.Ec. Tercatat, Guru Besar FH-UKI, Prof. Dr. Muchtar Pakpahan SH., MA, turut memperoleh gelar Profesor Honoris Causa dari institusi bergengsi tersebut.

- Advertisement -