Inilah RAS Yang Disebut Pribumi Indonesia

0
Ketua UKP-PIP, Yudi Latief (paling kiri), bergambar bersama Wakil Presiden ke-6 RI, Try Sutrisno (tengah). Keduanya mempraktikkan Salam Pancasila. Foto: Ronald
- Advertisement -Otohits.net, fast and efficient autosurf

WartaMaya.Id, Sentul- Ketua Unit Kerja Presiden Pembinaan Ideologi Pancasila (UKP-PIP), Yudi Latif mengatakan jika mau berbicara tentang pribumi di Indonesia, maka hal itu bisa ditelusuri dari RAS mana yang paling lama ada di Nusantara. Menurut Yudi, RAS atau suku paling tua mendiami Nusantara adalah Papua Melanesia, hal itu dikatakan Yudi saat menghadiri acara “Nyanyian Indonesia” di Sentul International Convention Center, Sentul, Jawa Barat, Selasa (24/10/2017).

“Kalau mau ngomong siapa pribumi di Nusantara maka RAS paling tua mendiami Nusantara adalah Melanesia. Mereka itu adalah orang Papua dan Maluku. Ada juga Ras Mongoloid,” jelas Yudi di depan para siswa dan tamu undangan.

Lebih lanjut dijelaskan, bahwa orang Indonesia  merupakan hasil persilangan dari pelbagai RAS manusia di dunia. Karena hal itulah Indonesia merupakan negara yang berlatar belakang majemuk, kekayaan itu harus tetap dijaga dan dirawat. Keberagaman Indonesia dapat tercermin dari Pancasila yang mengikat bangsa dalam satu kesatuan yakni Negara Kesatuan Republik Indonesia.

- Advertisement -
loading...

“Jadi perbedaan itu bukan melemahkan. Tetapi di dalam agama juga dikatakan, Tuhan menciptakan kita ini sengaja laki-laki dan perempuan, bersuku-suku, berbangsa-bangsa supaya kita ini saling menguatkan kemampuan kita masing-masing, saling menguatkan,” kata Yudi Latief.

- Advertisement -