Ini Syarat Sah Hewan Kurban Sesuai Syariat Islam

0
- Advertisement -Otohits.net, fast and efficient autosurf

WartaMaya.Id, Jakarta – Berkurban merupakan kewajiban bagi umat muslim yang tergolong mampu secara financial. Bukan hanya mampu, namun harus tepat dalam memilih hewan kurban sesuai syariat Islam.

Penjual hewan kurban Agung Supriyadi mengatakan, hewan kurban harus sesuai syariat Islam, seperti mencukupi umur hingga sehat fisik alias tidak cacat. Untuk itu, penjual harus berlaku jujur dalam menawarkan hewan kurban kepada calon pembeli.

“Penjual harus mengetahui kondisi hewan kurban yang dijualnya. Tidak memaksakan menjual apabila hewan kurban tak memenuhi syariat,” kata Agung, saat ditemui, di kawasan Semper, Cilincing, Jakarta Utara, Senin (21/8/2017).

- Advertisement -
loading...

Agung menjelaskan, berkurban lebih afdhal jika menggunakan domba putih bertanduk. Namun, bukan juga tidak dibenarkan memilih kambing, sapi atau kerbau untuk dikurbankan.

“Untuk domba, pilih lah yang telah berusia minimal enam bulan atau telah bertanduk. Sedangkan kambing minimal berusia satu tahun dengan ciri satu giginya telah copot. Begitu pun sapi, pilih yang terlihat gemuk,” jelasnya.

Terkait ancaman berbagai hewan kurban sakit, dia menjelaskan pedagang harus menunjukan bukti surat keterangan sehat dari pemerintah daerah asal hewan. Namun, untuk hewan kurban yang terserang penyakit flu dan batuk masih bisa dijadikan kurban.

“Terpenting, hewan kurban masih bisa berdiri tegap dan merespon apabila ditepuk pada bagian pangkal paha,” tambahnya.

- Advertisement -