Industri Hoax Berpotensi Picu Perang Saudara

0
Para pewarta nasrani dari sejumlah daerah ketika berbincang dengan Deputi IV Bidang Komunikasi Politik dan Diseminasi Informasi Kantor Staf Presiden, Eko Sulistyo, Senin siang (29/8/2017). Foto: Ronald
- Advertisement -Otohits.net, fast and efficient autosurf

WartaMaya.ID, Jakarta- Deputi IV Bidang Komunikasi Politik dan Diseminasi Informasi Kantor Staf Presiden, Eko Sulistiyo, angkat bicara soal bahaya industri hoax di Tanah Air. Tanggapan ini muncul menyusul terungkapnya sindikat industri hoax di Tanah Air, beberapa waktu lalu. Menurutnya, keberadaan industri hoax sudah berada di tahap yang mengkhawatirkan, sangat berbahaya, berpotensi merusak persatuan bangsa, hingga memicu perang saudara jika tidak ditanggulangi secara serius.

“Industri hoax ini akan membahayakan nilai-nilai persatuan, akan membahayakan nilai-nilai perdamaian,” ujar Eko ketika beraudiensi dengan  sejumlah pewarta dari Persatuan Wartawan Nasrani Indonesia (Pewarna ID) di Kantor Staf Presiden, Gedung Bina Graha, Jakarta Pusat, Senin siang (28/8/2017).

Dari pengamatan Eko, saat ini tengah terjadi transformasi industrialisasi media yang sengaja dimanfaatkan oleh kelompok tertentu untuk memuluskan tujuannya. Transformasi tersebut, lanjutnya, amat terlihat ketika Pilkada DKI Jakarta tahun 2017 berlangsung, hingga ke Pilpres Amerika Serikat pada 2016 lalu.

- Advertisement -
loading...

“Jadi kalau anda amati misalnya, sekarang ini sudah terjadi apa yang dinamakan transformasi industrialisasi media. Memang mereka biasanya awalnya akan terfokus kepada kontestasi politik, apakah itu bentuknya Pilkada atau Pilpres. Nah pola ini terjadi dan sangat kelihatan ketika terjadi Pilkada DKI. Nah kemudian kalau kita mau menengok ke Luar Negeri, pada saat Trump,” jelasnya…[Selanjutnya]

- Advertisement -