Genangan di Jalan Yos Sudarso Menyurut

0
Genangan di Jalan Yos Sudarso
- Advertisement -Otohits.net, fast and efficient autosurf

WartaMaya.Id, Jakarta – Hujan yang mengguyur wilayah Jakarta Utara menyebabkan Jalan Laksamana Yos Sudarso tergenang disejumlah titik. Di antaranya di depan apartemen Sunter Park View, depan Kodim 0502 Jakarta Utara, dan pintu masuk Tol arah Pluit.

Dari pantauan, ketinggian genangan air disejumlah titik tersebut bervariasi. Mulai dari 10 – 30 sentimeter. Namun, hingga siang ini, genangan air hanya tersisa di titik pintu masuk Tol Pluit dengan ketinggian sekitar 15cm.

Seorang petugas Penanganan Prasarana dan Sarana Umum Kelurahan Sunter Jaya, Pranoto mengatakan, genangan disebabkan tersumbatnya tali air. Tak sedikit pasir yang ikut terbawa arus masuk ke dalam saluran air.

- Advertisement -
loading...

“Tali airnya banyak tersumbat pasir. Jadi air yang mau masuk ke saluran air terhalang,” kata Pranoto, saat ditemui di depan Apartemen Sunter Park View, Kelurahan Sunter Jaya, Tanjung Priok, Jakarta Utara, Rabu (27/9/2017).

Untuk mengatasi hal itu, dikatakannya, sebanyak tiga kelompok atau 21 petugas PPSU diterjunkan di sepanjang Jalan Yos Sudarso. Petugas merogoh tali air menggunakan kayu hingga mengangkut sampah yang berada di saluran air.

“Genangan air mulai surut sekitar Pukul 09.00 WIB,” tambahnya.

Namun, meredanya guyuran hujan di wilayah Ibu Kota Jakarta justru menimbulkan permasalahan baru. Salah satunya kemacetan yang terjadi di sepanjang Jalan Laksamana Yos Sudarso, Tanjung Priok, Jakarta Utara, baik ke arah Cempaka Putih maupun ke arah Pelabuhan Tanjung Priok.

Kemacetan tersebut di ruas jalan menuju ke arah Cempaka Putih terjadi dibeberapa titik, mulai dari Polres Metro Jakarta Utara, Mall Artha Gading, dan Komplek Kodamar. Sedangkan ruas jalan arah Pelabuhan Tanjung Priok, kemacetan terjadi pada titik Mall ITC Cempaka Mas, Flyover Sunter, Halte Busway Kelapa Gading, Kodim 0503 Jakarta Utara, Plumpang Semper dan Kantor Wali Kota Jakarta Utara.

Baca Juga :  UKI Antusias Sambut Rektor Baru Dihari Kasih Sayang

Kemacetan itu pun menyebabkan sejumlah pengguna transportasi umum terpaksa turun dari kendaraan. Mereka memilih berjalan kaki dibandingkan menunggu kendaraan yang terjebak kemacetan parah.

Seorang petugas Penanganan Prasarana dan Sarana Umum Kelurahan Sunter Jaya, Sri Astuti mengatakan, kemacetan disebabkan akibat genangan pada beberapa titik di Jalan Yos Sudarso. Meski genangan sudah surut, kemacetan justru semakin menggila.

“Iya nih parah banget macetnya kelihatannya,” kata Astuti saat ditemui di depan Apartemen Sunter Park View, Jalan Yos Sudarso, Kelurahan Sunter Jaya, Tanjung Priok.

Seorang pengendara sepeda motor, Syarifuddin menambahkan, kemacetan menyebabkan dirinya terlambat masuk kerja. Namun, hal tersebut tak lagi dapat dihindarinya.

“Ini saya sudah sekitar 1,5 jam melintas di Jalan Yos Sudarso menuju Pelabuhan Tanjung Priok,” ungkap Syarifudin.

- Advertisement -